Diduga Pelaksanaan Program Pengadaan Bibit Nangka Kampung Astra Ksetra Bermasalah

Daftar Isi


Tulang Bawang, inklusifnews.com -
Pelaksanaan program ketahanan pangan pada Kampung Astra Ksetra Kecamatan Menggala Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung Tahun anggaran 2022 berupa penanaman bibit nangka  disinyalir tidak efektif karena butuh waktu diatas 3 tahun baru menghasilkan buah serta sebagian tidak jelas keberadaannya, Kamis (30/03/2023)


Program ketahanan pangan yang merupakan Program  Pemerintah Pusat dan sumber pembiayaannya dari Dana Desa (DD) sebesar 20% dimaksutkan untuk peningkatan perekonomian masyarakat dan  pemulihan ekonomi Nasional secara umum serta mengantisipasi krisis global pasca pandemi Covid-19 yang sifatnya dapat segera menghasilkan dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.


Namun pada pelaksanaannya, program itu menuai polemik karena bibit nangka tersebut tidak dibagikan kepada masyarakat, melainkan hanya ditanamkan di pinggir lapangan kampung dan  bibit nangka yang ditanam nampak berkualitas rendah kuat dugaan bibit  tersebut dari hasil semai biji secara mandiri dan bukan hasil stek yang telah memenuhi standarisasi pembibitan  yang resmi terjamin  terkualitas dan mutunya.


Dugaan itu lebih menguat setelah mendapat penjelasan dari kepala kampung  setempat Oni Hadi Indarto bahwa  bahwa bibit tersebut dibeli pada pedagang bibit keliling.


"Ya kami beli pada penjual yang ngider dan kami pesan, namanya kami beli melalui penjual keliling naik motor", ujarnya. 


Saat ditanyakan terkait satuan harganya ia tidak dapat memastikan berapa namun ia menyebutkan harganya kisaran lima ribu. 


"Berapa ya, lima ribu apa berapa ya... saya lupa..(...reed), seketika sekdes Wahyu menjawab sepuluh ribu, " timpalnya. 


Lebih lanjut, ia mengatakan "yang mengelolanya TPK, yang belanjanya orang cuman yang pesannya saya ada sekitar seratus batang bibitnya" ujar kepala kampung.


Pada kesempatan berbeda  ketua Badan Permusyawaratan Kampung (BPK) saat dikonfirmasi awak media (28/3), bahwa benar ada program pembagian bibit nangka  yang dibagikan kepada kelompok warga disetiap dusun dan itu sesuai hasil musyawarah kampung. 


"Ia ada pembagian bibit nangka sesuai hasil kesepakatan musyawarah kampung waktu itu, bibit itu akan dibagikan kepada kelompok warga disetiap Dusun", ucap Ruli.

Namun fakta mengejutkan dari hasil penelusuran lebih lanjut  di lapangan, disinyalir bibit nangka tersebut tidak benar terbagikan kepada kelompok warga kampung pada setiap dusus seperti yang disampai oleh Ketua BPK,  hanya ditanamkan  di pinggir lapangan kampung oleh salah satu Rukun Tetangga ( RT) SK dan disaksikan  oleh  salah satu perangkat kampung DH sambil mengambil dokumentasi penanaman sebanyak 20 batang bibit, yang sekarang nampak terlihat hanya 8 batang saja. 


Dari hasil data yang berhasil dihimpun oleh  awak media  bahwa pada tahun 2022 kampung Astra Ksetra menganggarkan pengadaan bibit tanaman pertanian sebesar Rp. 7.6xx.xxx,-. Dan tertera realisasi 100 persen. (Red)

Posting Komentar